-->

Sejarah Masjid Bonang Rembang

Sebuah masjid yang terletak di daerah Lasem, Rembang, Jawa Tengah dipercaya sebagai masjid pertama yang dibuat oleh Sunan Bonang setelah beliau mendapatkan kewaliannya. Konon, masjid besar itu dibuat oleh Sunan Bonang dalam waktu semalam. Karena bertuah, masjid Bonang banyak didatangi pengunjung, baik dari kalangan manusia maupun mahkluk halus atau jin.

Masyarakat Lasem biasa menyebut masjid Bonang dengan istilah Omah Gede (rumah besar). Disebut demikian karena bangunan besar ini, pada awalnya terletak di tengah-tengah hutan Alas Kemuning. Posisinya yang berada di tengah hutan ternyata mengundang minat masyarakat setempat untuk menjenguk Omah Gede.

Sejarah Masjid Bonang Rembang

Setelah mengetahui bila pemilik Omah Gede adalah seorang pemuka agama (Sunan Bonang) maka banyak masyarakat yang mendatangi masjid tersebut, khususnya untuk belajar tentang agama Islam. Pada mulanya, pengunjung masjid Bonang hanyalah masyarakat sekitar Lasem.

Lama kelamaan, jumlah pengunjungnya meningkat dan makin menyebar. Tidak hanya dari wilayah Jawa saja, kabarnya santri di masjid Bonang ada yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra. Konon, Sultan Machmud, raja Minanhkabau belajar agama di masjid ini, sampai beliau wafat. Oleh masyarakat Bonang, Sultan Machmud dimakamkan di daerahnya. Sekarang, makam itu lebih dikenal dengan sebutan makam Mbah Jejeruk.

Meski masjid Bonang pernah dipugar, tetapi sisa-sisa kekeramatannya masih terlihat. Sumur yang ada di samping masjid, dikabarkan masih asli. Di dekat masjid itupun ada makam yang dipercaya sebagai makam Mbah Sarido, imam masjid tersebut beserta keluarganya.

Menurut cerita, keangkeran masjid ini dapat dirasakan oleh sejumlah penduduk, sehingga tidak ada yang berani berbuat seenaknya sendiri. Kabarnya, seorang jemaah masjid pernah tidur di dalam masjid ini. Namun, ketika ia bangun, ia sudah berada di dekat salah satu makam yang ada di samping masjid.

Berdasarkan penuturan masyarakat, jemaah masjid ini bukan hanya kalangan manusia. Konon, banyak pula bangsa jin yang menjalankan ibadahnya di masjid Sunan Bonang. Agaknya, mereka pun ingin mendapatkan karomah dari masjid ini.

1 Response to "Sejarah Masjid Bonang Rembang"

  1. Kirain di tuban mb mesjid sunan bonang,makamnya kok ya yg dituban itu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel