-->

Asal Usul Kota Rembang Jawa Tengah

Kabupaten Rembang, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Rembang. Kabupaten ini berbatasan dengan Teluk Rembang (Laut Jawa) di utara, Kabupaten Tuban (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di barat.

Makam pahlawan pergerakan emansipasi wanita Indonesia, R. A. Kartini, terdapat di Kabupaten Rembang, yakni di Desa Bulu yang masuk ke jalur Rembang-Blora (Mantingan).

Sejarah Rembang
Sumber lain tentang Rembang dapat diambil dari sebuah manuskrip/tulisan tidak di terbitkan oleh Mbah Guru. Di sebutkan antara lain: “…kira-kira tahun Syaka 1336 ada orang Campa Banjarmlati berjumlah delapam keluarga yang pandai membuat gula tebu ketika ada di negaranya…”Orang-orang tadi pindah untuk membuat gula merah yang tidak dapat di patahkan itu.Berangkatnya melalui lautan menuju arah barat hingga mendarat di sekitar sungai yang pinggir dan kanan kirinya tumbuh tak teratur pohon bakau. Kepindahannya itu di pimpin oleh kakek Pow Ie Din; setelah mendarat kamudian mengadakan do’a dan semedi, kemudian di mulai menebang pohon bakau tadi yang kemudian di teruskan oleh orang-orang lainnya.

Tanah lapang itu kemudian di buat tegalan dan pekarangan serta perumahan yang selanjutnya menjadi perkampungan itu dinamakan kampung : Kabongan; mengambil kata dari sebutan pohon bakau, menjadi Ka-bonga-an (Kabongan),…. Pada suatu hari saat fajar menyingsing di bulan Waisaka; orang-orang akan mulai ngrembang (mbabat,Ind : memangkas) tebu. Sebelum di mulai mbabat diadakan upacara suci Sembayang dan semedi di tempat tebu serumpun yang akan dikepras/di pangkas dua pohon, untuk tebu “Penganten”.Upacara pengeprasan itu dinamakan “ngRembang”, sampai di jadikan nama Kota Rembang hingga saat ini.”Menurut Mbah Guru, upacara ngRembang sakawit ini dilaksanakan pada hari Rabu Legi, saat di nyanyikan Kidung, Minggu Kasadha. Bulan Waisaka, Tahun Saka 1337 dengan Candra Sengkala : Sabda Tiga Wedha Isyara.

Asal Usul Kota Rembang Jawa Tengah
Logo Kabupaten Rembang
Sumber: http://www.rembangkab.go.id/

Cerita Rakyat
Pada zaman dulu ada seorang saudagar kaya yang bernama Dampo Awang. Dia berasal dari Negara Cina. Dia ingin pergi kesuatu tempat untuk mengajarkan ajaran Kong Hu Cu dengan cara mengarungi samudera bersama para pengawal setianya. Suatu hari dia sampai di tanah Jawa bagian timur. Dampo Awang sangat senang akan daerah itu sehingga dia bermaksud untuk berlabuh disana dan menetap sambil mengembangkan ajaran yang dibawanya. Suatu saat Dampo Awang bertemu dengan Sunan Bonang, Sunan Bonang adalah salah satu dari wali songo atau sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Pada saat pertemuan pertama kali itu, Dampo Awang sudah memperlihatkan sikap kurang baik pada Sunan Bonang. Dampo Awang takut jika ajaran yang selama ini dia ajarkan akan hilang dan digantikan dengan ajaran agama islam. Perlu diketahui bahwa Dampo Awang sudah terbiasa dengan orang awam di jawa sehingga dia dapat berbahasa dengan baik.Saat Sunan Bonang mau mendirikan Salat Ashar. Dampo Awang berfikir untuk mecelekai Sunan Bonang. Dia menyuruh pengawalnya untuk menaruh racun ke air putih dalam kendi yang berada diatas meja. Setelah selesai shalat Sunan Bonang menuju ke meja makan.

Dampo Awang mengira bahwa Sunan Bonang akan meminum air dalam kendi tersebut. Tetapi dugaan Dampo Awang keliru, sebenarnya Sunan Bonang mau mengaji. Hari demi hari telah berlalu, setiap waktu shalat Sunan Bonang mengumandangkan adzan dan shalat, setelah shalat Sunan Bonang mengaji diteras rumahnya. Setiap orang – orang yang lewat di depan rumahnya dan mendengar suara Sunan Bonang saat mengaji dan adzan menjadi kagum akan ayat – ayat alllah. Kemudian banyak penduduk menjadi pemeluk agama islam. Lama – kelamaan pengikut sunan semakin banyak.

Tidak lama kemudian Dampo Awang mendengar peristiwa tersebut dia sangat marah karena pengikutnya semakin berkurang lalu Dampo Awang mengirim pengawalnya untuk menjemput Sunan Bonang . Mula – mula Sunan Bonang menolak tetapi karena dia merasa kasihan akan pengawal - pengawal Dampo Awang, jika Sunan Bonang tidak ikut mereka akan dihukum pancung. Akhirnya Sunan Bonang bersedia untuk datang ke kediaman Dampo Awang. Saat Sunan Bonang tiba di kediaman Dampo Awang, Dampo Awang menyambutnya dengan ramah. Namun dibelakang dari keramahan tersebut Dampo Awang telah merencanakan sesuatu.

Dampo Awang menyuguhi Sunan Bonang dengan buah - buahan segar, makanan yang enak - enak, minuman segar, dll. Sunan Bonang tidak menaruh curiga sedikitpun kepada Dampo Awang, padahal Dampo Awang berniat mencelakainya. Saat ditengah perjamuan, tiba - tiba Dampo Awang meminta agar Sunan Bonang meninggalkan daerah itu. Tetapi Sunan Bonang menolak karena dia sudah berniat untuk mengajarkan agama islam di daerah itu. Dampo Awang sangat marah mendengar ucapan Sunan Bonang yang baru saja diucapkannya tadi. Lalu Dampo Awang menyuruh pengawalnya untuk menyerang Sunan Bonang tetapi dengan waktu yang sangat singkat Sunan Bonang dapat mengalahkan pengawal - pengawal Dampo Awang.

Dampo Awang tidak terima akan kekalahannya. Dia kembali ke negaranya untuk menyusun stategi dan kekuataan baru. Setelah beberapa tahun Dampo Awang kembali lagi ke tanah jawa sambil membawa pasukan yang lebih banyak dari sebelumnya. Pada saat sampai di tanah jawa dia sangat kaget sekali karena semua penduduk di daerah itu sudah menganut agama islam. Dampo Awang marah lalu mencari Sunan Bonang. Dampo Awang tidak bisa menahan amarahnya ketika dia sudah bertemu dengan Sunan Bonang sehingga dia langsung menyerang Sunan Bonang lebih dulu tetapi dengan singkat Sunan Bonang bisa mengalahkan Dampo Awang dan pengawalnya.

Kemudian Dampo Awang diikat di dalam kapalnya setelah itu Sunan Bonang menendang kapalnya sehingga seluruh bagian kapal tersebar kemana - mana. Setelah itu sebagian kapal terapung di laut. Dampo Awang menyebutnya “Kerem  Tenggelam)“ sedangkan Sunan Bonang menyebutnya “Kemambang (Terapung)“. Kemudian lama - kelamaan masyarakat mengucapkan Rembang yang berasal dari kata Kerem dan Kemambang. Akhirnya di daerah itu dinamakan Rembang yang sekarang menjadi salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Jangkarnya sekarang ada di Taman Kartini sedangkan Layar kapal berada dibatu atau biasanya sering disebut “Watu Layar“ dan kapalnya dikabarkan menjadi Gunung Bugel yang ada di kecamatan Pancur karena bentuknya menyerupai sebuah kapal besar dan diatas Gunung ada sebuah makam konon disana merupakan makam Dampo Awang.

Perlu diingat Asal Usul Kota Rembang Jawa Tengah banyak versinya sehingga tidak setiap orang mengetahui Asal Usul Kota Rembang yang sama versinya.

Sumber: https://jarwonoadjar.wordpress.com/
Sumber: http://www.patikab.go.id/
Sumber: http://id.wikipedia.org/

88 Responses to "Asal Usul Kota Rembang Jawa Tengah"

  1. nah ini dia tempat KKN saya
    keren kan saya?

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata ada 2 versi cerita ya mbak tentang asal-usul kota Rembang. Jadi lebih tahu sekarang, terima kasih informasinya mbak Erna. :D

    ReplyDelete
  3. ternyata disini komplit sejarah-sejarah
    terima kasih infonya tentang asal usul kota pati jawa tengah
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. itu yang Kabongan, kalau diamati kayak kurang nyambung gitu yia, masa dari bakau jadi kabongan, tapi itulah kenyataanya, hehee...

    ReplyDelete
  5. jadi lebih tau tentang sejarah kota itu
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. Kabupaten rembang dekat sama kota Pati mbak, sip

    ReplyDelete
  7. sebagai orang yang cinta sejarah saya sangat terbantu dalam menambah pengetahuan sejarah di situs ini ma kasih mbak....

    ReplyDelete
  8. waaahh makamnya R.A. Kartini ada di rembang ya.. TFS, mbak!

    ReplyDelete
  9. sejarah kota krembang ini menarik juga yah ternyata ada sangkut pautnya dengan para wali :) kerenn

    ReplyDelete
  10. jadi tau asal usl kota rembang
    terima kasih ya mbak erna

    ReplyDelete
  11. Rembang kota indah nan permai sejuk nan menawan hatiku nan amboi

    ReplyDelete
  12. saya baru tau cerita asal usul kota rembang nih belum pernah kesana mbak.

    ReplyDelete
  13. wuh makin lengkap saja mbak,,all about central java

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, sementara jawa tengah yang lain nanti nyusul :)

      Delete
    2. kalau plus wisatanya,jawa tengah saja sudah sangat lebih dari cukup buat isi satu blog mbak ;)

      Delete
  14. wah saya salut sama mbak erna ini lah, semua kota paham banget asal-usulnya, apakah cerita diatas karena ada dibuka atau mbak erna sendiri neh yang terjun langsung kesana, (survey langsung).

    soalnya semua bahasan di popular post semuanya tentang asal usul KOTA, dari semua penjuru kota Indonesia. hebat..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang survey ada juga yang dari buku mbak, yang deket-deket disurvey yang jauh-jauh nyari dibuku :)

      Delete
  15. wah sejarah yang panjang ya mbak, harus di edukasikan biar tau ya kan mbak

    ReplyDelete
  16. Rembang kota pantai nelayan berlayar mengarungi lautan samudera mencari penghidupan demi kemaslahatan keluarga.
    rembang kota nan indah permai

    ReplyDelete
  17. Lengkap bener dan panjang sekali akan sejarah kota Rembang ini ya mbak :) . makin menambah wawasan saya akan sejarah setiap kotanya diblog mbak Erna hehe,

    ReplyDelete
  18. Masuk blog ini jadi teringat masa-masa sekolah nih

    ReplyDelete
  19. Weleh nyelip ajah udah gak ada tempat komen, BTW boleh request tolong review sejarah Pulau Dollar yang sekarang saya tempati ya mbak hehe...

    Salam blogging kunjungan perdana neh

    ReplyDelete
  20. nambah wawasan mampir dulu dimari. asal usul kota rembang dari namanya ternyata berawal dari tradisi yang juga bagian dari perekonomian dimasa itu ya mbak "ngrembang" bisa disebut panen juga barangkali ya he

    ReplyDelete
  21. Cocok untuk para pelajar ,khusunya peljaran sejarah.

    ReplyDelete
  22. wah, sepertinya niche blog ini tentang sejarah ya mbak, oya kalau boleh request, nanti dituliskan tentang sejarah medan ya mbak :D

    ReplyDelete
  23. sama sekali saya belum pernah ke sana mbak, kepingin si, tapi belum ada duitnya heehee

    ReplyDelete
  24. saya numpang baca aja asal usul kota rembang jawa tengah...yang menarik disajikan dari sisi legendanya. makasih ya mbak.

    ReplyDelete
  25. numpang baca aja ya mas. solanya saya anak melayu riau,hehe

    ReplyDelete
  26. Mbak Erna nya kemana ya, kok ndak update artikel terbaru.

    ReplyDelete
  27. menarik membaca kisahnya.....pada dasarnya saya suka cerita rakyat

    ReplyDelete
  28. jadi abnyak belajar sejarah di blognya mbak erna ini ya :D

    ReplyDelete
  29. Keren banget blog nya, cerita rakyat. Bacaan yang mulai banyak dilupakan generasi sekarang, update terus biar generasi cerita rakyat tidak tenggelam

    ReplyDelete
  30. numpang baca sejarahnya ya mba....
    saya orang jateng,kok malah gak ngerti sejarahnya....hihihi jadi malu

    ReplyDelete
  31. Gunung bugel ikut ds.sumbergirang kec.lasem

    ReplyDelete
  32. Gunung bugel ikut ds.sumbergirang kec.lasem

    ReplyDelete
  33. salam kenal, artikel yang sangat menginspirasi..
    admin kalau ke Blora mampir ke Bloranews.com
    Jl. RA Kartini lorong 02 no 02 kunden Kecamatan Blora, Kabupaten Blora
    ditunggu rawuhnya
    kunjungi kami di : www.bloranews.com

    ReplyDelete
  34. Wah ternyata kota rembang memiliki sejarah yang sangat kental dan memiliki ciri khas tersendiri ya mbak, memang muantappp deh kota rembang.

    ReplyDelete
  35. Sejarah kotanya keren banget mbak ..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel